Hujan Deras Membanjiri Toronto, Menyebabkan Pemadaman Listrik & Gangguan Lalu Lintas

Hujan Deras Membanjiri Toronto, Menyebabkan Pemadaman Listrik & Gangguan Lalu Lintas

SriSundari – Hujan deras yang mengguyur di Selasa (16/7/2024), memicu banjir bandang di beberapa bagian Toronto, pusat keuangan Kanada.  Kondisi ini pun menyebabkan pemadaman listrik, mengganggu lalu lintas dan memaksa maskapai penerbangan untuk mengurangi layanan.

Dilansir dari laman Reuters, Toronto Hydro, sebuah perusahaan distribusi listrik setempat, mengatakan bahwa mereka merespons pemadaman listrik yang tersebar yang diduga disebabkan oleh banjir di stasiun transmisi. Pada pukul 15.00, sekitar 123.000 pelanggan tidak mendapatkan aliran listrik, katanya.

Bandara Billy Bishop, yang terletak di sebuah pulau di pusat kota Toronto, mengungkapkan bahwa terowongan pejalan kaki bawah air yang menuju ke terminal penumpang, terendam banjir dan untuk sementara waktu harus ditutup. Beberapa penerbangan juga ditunda atau dibatalkan.

Banyak restoran di pusat kota Toronto yang biasanya pada siang hari ramai, saat itu menjadi gelap. Kondisi lampu lalu lintas pun padam sehingga banyak mobil dan truk pengantar barang berhenti di jalan-jalan kota, menyebabkan kemacetan di beberapa persimpangan.

Menurut para ahli cuaca, saat ini kondisi dunia memang ‘tidak sedang baik-baik saja’. Badai hujan deras semakin sering terjadi karena perubahan iklim, sehingga memberikan tekanan besar pada infrastruktur yang di banyak kota tidak dirancang untuk menangani hujan lebat yang berkepanjangan.

Toronto Transit Commission, yang mengoperasikan layanan kereta bawah tanah, bus dan troli, mengatakan bahwa kereta api melewati Union Station, terminal kereta api utama di kota tersebut. Go Transit, yang mengoperasikan layanan kereta api dari dan ke pinggiran kota Toronto, mengatakan bahwa banjir telah menyebabkan beberapa gangguan.

Begitu juga pada beberapa bagian dari Don Valley Parkway, jalan raya utama yang membentang di sebelah timur pusat kota, setelah hujan turun terlihat seperti Sungai.  Banyak mobil-mobil yang terjebak di air kecoklatan sedalam beberapa meter (puluhan cm).

Wali Kota Toronto Olivia Chow dalam pengarahan yang disiarkan televisi mengatakan layanan darurat tidak terkena dampak banjir, namun ada genangan air di beberapa bagian Balai Kota. Namun demikian, perdagangan di Bursa Efek Toronto tetap berjalan seperti biasa.(Putri)

"Dunia dan isinya adalah media pembelajar oleh karena itu jadilah pembelajar yang baik"